Jayson Tatum dari Boston Celtics kehilangan 46 poin untuk memaksa Game 7 vs. Milwaukee Bucks

Jayson Tatum dari Boston Celtics kehilangan 46 poin untuk memaksa Game 7 vs. Milwaukee Bucks

MILWAUKEE — Jayson Tatum tidak akan membiarkan hal itu terjadi lagi.

Dua malam sebelumnya, Boston Celtics memiliki kesempatan utama untuk mengambil kendali dari seri tetapi membiarkan Game 5 lolos dari tangan mereka. Itu tidak terjadi pada hari Jumat.

Saat Milwaukee Bucks melakukan dorongan di kuarter keempat, Tatum tampaknya punya jawaban di setiap kesempatan. Tatum mencetak 28 dari 46 poinnya di babak kedua, termasuk 16 di babak keempat, saat Boston bertahan dengan kemenangan 108-95.

“Itulah mengapa dia dibayar mahal,” kata guard Celtics Marcus Smart. “Itulah di sana. Untuk saat-saat seperti itu. Saya mengatakan kepadanya seluruh permainan, bersikaplah seperti Anda. Dia memang begitu. Untuk itulah dia dibayar. Itulah yang kami, itulah yang kami andalkan untuk dia lakukan.”

Seri best-of-seven terikat pada tiga pertandingan masing-masing. Game 7 di Boston pada hari Minggu sore.

Di Game 5, Celtics memimpin 14 poin di kuarter keempat dan unggul enam poin dengan dua menit tersisa sebelum Bucks merebut kemenangan. Pada Jumat malam, Celtics kembali memimpin 14 poin di kuarter keempat tetapi memastikan untuk pergi dengan hasil yang berbeda.

Milwaukee memotong keunggulan menjadi hanya empat, tetapi setiap kali Bucks memiliki momentum, pikiran tentang apa yang terjadi di pertandingan sebelumnya mulai merayap ke dalam pikiran kolektif bangku Celtics. Pelatih Boston Ime Udoka mengatakan dia mengatakan kepada timnya untuk tidak stagnan di kuarter keempat seperti yang mereka lakukan pada pertandingan lalu dan terus menyerang.

“Kami memiliki tekad yang tepat,” kata Udoka. “Kami membicarakannya setelah pertandingan itu. Kami melewatkan kesempatan, tetapi masih memiliki kesempatan untuk membuatnya menjadi cerita yang lebih baik, saya kira. Kami merasa senang melakukannya karena kami bermain sangat baik selama tiga setengah perempat.

“Semua orang kesal dengan hasil itu, tapi kami tahu seberapa baik kami bermain sepanjang seri dan membiarkan beberapa hal berlalu begitu saja. Tapi tidak pernah ada keraguan atau mabuk dari permainan itu. Kami menidurkannya keesokan harinya dan berharap untuk kembali bermain. Kebun.”

Setelah Bucks menutupnya menjadi 85-81, Tatum merespons dengan jumper jarak menengah saat waktu tembakan turun dari permainan di luar batas. Ketika Milwaukee menjawab dengan layup akrobatik dari Pat Connaughton, Tatum menjawab dengan lemparan tiga angka. Waktu berikutnya di Boston, Tatum memamerkan kerja kakinya untuk memukul fadeaway satu kaki.

Dengan sisa waktu 5:40, dia membuat trey lagi untuk mendorong keunggulan menjadi delapan. Dan dengan waktu tersisa 2:38, Tatum menempatkan paku di peti mati saat ia mengubah permainan tiga poin kuno untuk menempatkan permainan di luar jangkauan. Tatum mengatakan runtuhnya Game 5 ada di benak semua Celtics.

“Saya pikir betapa menyakitkannya kehilangan permainan seperti itu,” kata Tatum. “Semua orang memiliki selera yang tidak enak di mulut mereka. Menonton film, belajar darinya. Semangat. Kami optimis. Kami tidak kalah. Mengetahui bahwa kami masih memiliki kesempatan untuk menyelamatkan musim kami untuk datang ke sini dan meraih kemenangan. Kami percaya itu. Kami benar-benar melakukannya. Kami percaya satu sama lain dan saya pikir itu terlihat malam ini.”

Smart memainkan peran besar dalam kekalahan Game 5, diblokir oleh Jrue Holiday dan bola dicuri darinya oleh Holiday di 10 detik terakhir. Dia mengatakan segera setelah pertandingan itu, dia pergi ke fasilitas latihan untuk mencoba dan bersiap-siap untuk Game 6.

“Saya hanya akan mengatakan malam ini akan menjadi malam pertama setelah pertandingan itu bahwa saya akan tidur,” kata Smart. “Aku belum tidur.”

Smart memulai permainan seperti seseorang yang ingin melupakan game terakhirnya secepat mungkin karena ia memiliki 14 poin di frame pembuka saat menembak 4-of-6 dari dalam.

“Saya harus datang mengatur nada,” kata Smart. “Kami pergi saat saya pergi. Saya adalah jantung dan jiwa tim. Rekan tim saya mengatakan itu kepada saya sepanjang waktu. Saya mencoba menjadi itu untuk mereka. Energi yang saya bawa menular. Saya tahu itu. Saya mencoba untuk membawa itu setiap pertandingan.”

Jaylen Brown telah ada selama banyak pertandingan besar oleh Tatum, tetapi dia tahu yang ini sedikit lebih berat.

“Itu adalah kinerja besar-waktu,” kata Brown. “Punggung kami juga membentur tembok. Anda senang melihat JT tampil agresif dan menyerang kami secara ofensif seperti yang dia lakukan pada Game 7. Jelas merupakan permainan khas untuk Celtics dan Jayson.”

Tatum, Brown dan Smart menggabungkan 89 dari 108 poin Boston saat Brown mencetak 22 dan Smart mengumpulkan 21. Kombinasi ketiganya untuk 82,4% poin Celtics adalah persentase tertinggi kedua oleh trio Boston dalam sejarah pascamusim di belakang hanya Dave Cowens , John Havlicek dan Jo Jo White mencetak 80 dari 91 poin pada 20 April 1973 menurut penelitian ESPN Stats and Information.

Setelah Al Horford melukai Bucks di awal seri, mereka mulai memainkannya lebih dekat di perimeter yang memungkinkan pemain perimeter Celtics bergerak — sesuatu yang coba dihentikan Milwaukee di awal seri.

“Al menyakiti mereka di awal seri dan mereka mencoba mengambilnya, tetapi itu membuka hal lain untuk orang lain,” kata Udoka. “Kami tahu kami bisa mengambil keuntungan dari itu.”

Dengan kemenangan, seri kembali ke Boston dan TD Garden. Tapi mungkin homecourt tidak akan menjadi keuntungan seperti itu. Tim jalan telah memenangkan empat dari enam pertandingan dalam seri termasuk masing-masing dari tiga terakhir. Namun, seri ini bermuara pada satu permainan yang sangat berarti, sesuatu yang para pemain Celtics tidak sabar untuk menjadi bagiannya.

“Saya berharap itu akan keras. Saya berharap itu menyenangkan. Dan saya berharap menjadi bagian dari permainan yang hebat. Saya menantikannya,” kata Brown. “Dua kata terbaik dalam bola basket adalah game tujuh.”