Rinus VeeKay memenangkan pole IndyCar di Barber; Alexander Rossi bangkit dari kecelakaan untuk lolos kelima

Rinus VeeKay memenangkan pole IndyCar di Barber;  Alexander Rossi bangkit dari kecelakaan untuk lolos kelima

Rinus VeeKay memimpin balapan di IndyCar kualifikasi untuk memposisikan dirinya untuk balapan untuk menang di Barber Motorsports Park.

Pembalap Belanda itu adalah pemenang pole kejutan untuk balapan hari Minggu setelah sesi kualifikasi yang melihat sebagian besar nama teratas IndyCar gagal maju melalui putaran.

Alexander Rossi dan tim Andretti Autosport-nya, sementara itu, mengatasi kemunduran serius dari kecelakaan Sabtu pagi. Anggota kru dari keempat tim Andretti pergi bekerja pada mobil, dan setelah kualifikasi kelima, Rossi mengakui organisasi menyelamatkan akhir pekannya.

“Saya menempatkan mereka dalam situasi yang sangat sulit,” kata Rossi. “Sungguh luar biasa berada di posisi pertama, memiliki kesempatan untuk bersaing dan lolos. Di mana kami berada dua jam yang lalu, saya pikir semua orang lega dan senang kami berhasil melewatinya. Setiap hasil yang kami dapatkan akhir pekan ini adalah ke orang-orang itu, pasti.

“Jika kami tidak lolos, start 27, Anda sangat kacau. Ini memberi kami kesempatan yang sangat bagus untuk menjalani hari yang baik.”

Putaran pertama Sabtu memantul Will Power, pemenang dua kali di Barber, dan juara IndyCar enam kali Scott Dixon. Keduanya adalah salah satu pembalap aktif terbaik di IndyCar, tetapi keduanya berjuang di sekitar jalur jalan permanen yang indah yang dianggap sebagai salah satu trek paling fisik di sirkuit.

Diberitahu bahwa dia mulai dari posisi 19, Power mengerutkan kening: “Itu tempat yang mengerikan untuk trek ini. Mengerikan.”

Power pada tahun 2012 menang dari kesembilan — tempat awal terjauh untuk pemenang di 11 acara sebelumnya. Tempat awal rata-rata adalah 3,2 untuk pemenang balapan sebelumnya.

Itu menempatkan VeeKay dalam posisi untuk kemenangan karir keduanya.

“Kepercayaan diri tinggi, dan ini adalah trek di mana passing tidak terjadi terlalu banyak,” kata pemain berusia 21 tahun itu. “Dari sini, kami bisa menjalani balapan yang hebat dan berjuang untuk menang, itu pasti.”

VeeKay mengubah putaran pada 1 menit, 6,2507 detik di babak “Enam Cepat” kualifikasi untuk mengungguli Pato O’Ward, pemenang pole tahun lalu, untuk posisi awal teratas. Ini adalah pole kedua dalam karir VeeKay dan yang pertama sejak road course di Indianapolis pada akhir musim rookie 2020.

Barisan depan adalah penguncian bagi Chevrolet, yaitu 3-untuk-3 di musim IndyCar saat Tim Penske menyapu tiga balapan pertama musim ini. IndyCar telah berpacu di sepasang jalur jalanan dan sebuah oval, jadi Barber adalah jalur jalan pertama dan medan baru pertama tahun ini.

Ini adalah trek yang didominasi pembalap Penske; Josef Newgarden memimpin semua pembalap aktif dengan tiga kemenangan di Barber dan memasuki hari Minggu dengan dua kemenangan beruntun. Tapi seperti banyak nama top lainnya, dia gagal masuk ke “Enam Cepat”.

Newgarden tersingkir di babak kedua kualifikasi dan akan start dari posisi ketujuh.

Alex Palou, juara bertahan IndyCar dan pemenang bertahan di Barber, lolos ketiga untuk Chip Ganassi Racing. Scott McLaughlin berada di urutan keempat dan satu-satunya pembalap Team Penske yang mencapai “Enam Cepat” dan diikuti oleh Rossi. Felix Rosenqvist memenuhi syarat keenam untuk bergabung dengan rekan setimnya di Arrow McLaren SP O’Ward di tiga baris awal pertama.

BERDOA UNTUK HUJAN

Prakiraan untuk hari Minggu menyerukan hujan selama balapan IndyCar, tetapi pembalap secara aktif mengamati langit berharap mendapatkan kesempatan untuk mengubah beberapa putaran dalam kondisi basah sebelum acara utama.

IndyCar belum balapan dalam hujan karena menambahkan aeroscreen pelindung kokpit ke mobilnya, jadi tidak ada data tentang bagaimana ia akan menangani cuaca basah. Pembalap pada tahun 2020 memang bisa membuat beberapa putaran selama tes pramusim di Texas, tetapi itu bukan kondisi balapan yang sebenarnya dengan 26 mobil di lintasan.

Seri memiliki satu sesi latihan terakhir yang dijadwalkan Sabtu, dan hujan ada di pikiran.

“Saya pikir ban hujan semua orang di truk mungkin seperti berusia dua tahun, yang tidak ideal,” kata O’Ward. “Mudah-mudahan, sekarang hujan sehingga kami bisa mendapatkan yang lebih segar untuk balapan. Saya pikir akan lebih baik bagi kami jika kami semua memiliki kesempatan untuk melihat seperti apa saat pemanasan. Bukan dalam hal, seperti, sendirian. , tapi saya pikir itu banyak berubah setiap kali ada 26 mobil yang berputar-putar.

“Saya pikir ada perbedaan besar antara Anda sendirian atau berada di luar sana, hanya merasakan seperti apa semprotan itu.”

Associated Press berkontribusi pada laporan ini.