St. Louis Blues memenangkan ketiga berturut-turut untuk menyelesaikan comeback seri, menaklukkan Minnesota Wild dalam 6

Minnesota kalah 5-1 di Game 6 dari seri playoff Piala Stanley putaran pertama melawan St. Louis pada hari Kamis, menjatuhkan best-of-seven 3-2. The Blues maju sekarang untuk pertama kalinya sejak 2019, ketika mereka memenangkan Piala Stanley pertama kalinya. Mereka akan menghadapi unggulan pertama Wilayah Barat Colorado Longsor di babak kedua.

The Wild belum maju di babak playoff sejak 2014-15, kalah di babak pertama masing-masing dari lima kali terakhir mereka lolos.

Minnesota telah mengendalikan seri ini pada awalnya, memegang keunggulan 2-1 atas St. Louis setelah Game 3. The Wild kemudian kehilangan tiga game berikutnya dengan skor gabungan 15-5.

Untuk mencoba mencegah eliminasi, pelatih Wild Dean Evanson beralih dari Marc-Andre Fleury ke Cam Talbot di net untuk Game 6. Fleury, yang diakuisisi oleh Minnesota pada batas waktu perdagangan, bermain baik sejak awal, tetapi pemenang Vezina Trophy terutama bocor di Game 4 dan Game 5 (0,875 SV%, 4,10 GAA).

Talbot tidak mencatat kekalahan musim reguler sejak 1 Maret tetapi masih duduk di belakang Fleury untuk memulai babak playoff. Kamis menandai aksi game pertama Talbot sejak 28 April.

St Louis mengambil keuntungan dan menantang Talbot keluar dari gerbang. Nick Leddy membuat The Blues unggul 1-0 di babak pertama dan St. Louis menambah keunggulan di babak kedua dengan Ryan O’Reilly, Tyler Bozak dan Vladimir Tarasenko mencetak gol dalam rentang waktu lebih dari sembilan menit.

Matt Dumba mencatat satu-satunya gol Minnesota di awal periode ketiga tetapi Wild tidak pernah mendapatkan daya tarik lagi. Colton Parayko akhirnya menyegel kesepakatan untuk St. Louis dengan gol bersih yang kosong.

Talbot menyelesaikan dengan 22 penyelamatan dan 0,846 SV%.

Jika Minnesota menunggu terlalu lama untuk mengatur pergantian kipernya, St. Louis tentu saja tidak. Ketika Wild memimpin 2-1 pasca-Game 3, pelatih Blues Craig Berube melakukan pergantian dari Ville Husso ke Jordan Binnington di lipatan. Binnington tidak memenangkan start postseason (0-9) sejak St. Louis merebut Piala pada tahun 2019 tetapi penampilannya dalam 28 penyelamatan membantu mengamankan kemenangan Game 4 The Blues dan memberi tim kehidupan baru.

Binnington melepaskan 25 tembakan di Game 6 dan hanya kebobolan lima gol dalam tiga game untuk mendorong The Blues ke babak berikutnya.

Saat Binnington terus membanting pintu, serangan Minnesota terus mengering. Di luar Kirill Kaprizov – yang mencatatkan 7 gol dan 8 poin dalam seri – dan Joel Eriksson Ek (tiga gol, lima poin), beberapa penyerang Wild lainnya memiliki banyak dampak. St Louis menghasilkan skor yang jauh lebih seimbang, dengan beberapa pemain mencetak tiga gol lebih banyak dalam seri tersebut.